Skip to main content

Kisah Jualan On LIne di Bukalapak.com




Allan Cahya Guna – Pria Ini Pernah Tertipu Belanja Online Sekarang Jadi Juragan Online


Allan Cahya Guna (23). Memiliki sebuah hobi dan passion yang sesuai dengan karir memang lebih menguntungkan. Seperti salah satu pemuda asal Surabaya ini, memulai bisnis jual beli online melalui Bukalapak.com karena hobinya bersepeda. Pria ini sukses mengelola lapaknya di Bukalapak.com dari tahun 2014 sampai dengan sekarang telah memperoleh sekitar 270 feedback. Ia mulai merintis bisnis online karena pada waktu itu pernah memiliki pengalaman buruk ketika bertransaksi online. Suatu ketika dia tertarik belanja online di sebuah situs yang tidak mempunyai sistem rekening bersama. Karena profile seller yang cukup meyakinkan menurutnya. Membuat Allan yakin bahwa ini merupakan penjual terpercaya. Namun belum sepenuhnya percaya Allan melakukan pembayaran uang muka sebagai tanda jadi terlebih dahulu. Namun singkat cerita barang yang dibeli tak kunjung datang dan uang muka pun tak pernah kembali.
Hingga akhirnya suatu ketika dia merasa terketuk hatinya untuk berjualan online sendiri. Allan ingin membuktikan bahwa beberapa pandangan buruk mengenai jual beli di internet tidak aman belum tentu semuanya benar. Tidak semuanya penjual online berlaku menipu. Salah satunya adalah dirinya sendiri. Dia ingin menunjukkan bahwa sebagai pedagang besar di Bukalapak.com dia akan bersuaha semaksimal mungkin memberikan kepercayaan yang lebih kepada pembeli. Agar nantinya pembeli tidak kecewa dan merasa ditipu. Mau tahu kisah Allan Cahya Guna dalam mengelola bisnis online nya? Yuk, simak hasil wawancara yang telah dilakukan oleh tim Bukalapak.com berikut ini,
Sejak kapan berjualan online?
Aktif berjualan online di Bukalapak.com sejak Maret 2014

Bagaimana awal (kisah) berjualan online?
Kisahnya dulu sesudah wisuda sempat nganggur dan tidak ada kegiatan dirumah mencari pekerjaan kesana kemari. Dan juga waktu itu saya mulai jatuh cinta kepada dunia sepeda terutama sepeda balap. karena saya belum mempunyai sepeda saya ingin membeli sepeda balap yang murah-murah saja tapi berkuailtas.

Saya mulai browsing harga-harga sepeda balap dan belajar tentang sepeda. Karena saya masih newbie waktu itu, saya sempet tertipu oleh pedagang online di web sebelah yang tidak menggunakan rekber. Dia menawarkan sepeda yang lumayan berkualitas dengan harga miring yang cukup signifikan. Tergiurlah saya dengan tawaran itu (maklumlah masih newbie hehe). Setalah saya hubungi dan deal untuk membeli, saya disuruh transfer uangnya. Tapi saya tidak mau mengirim penuh karena jumlah uangnya lumayan besar dan agak was-was juga, saya kirim separuh dari harga barang. Setalah saya transfer dia malah berbelit-belit katanya uangnya belum masuk. Dia menyuruh saya untuk menunggu sampai keesokan hari. Lalu sampai keesokan harinya saya telfon lagi dia masih berbelit lagi. Akhirnya saya putuskan untuk mengkonfirmasikan ke Bank. Ternyata nama dan alamat yang dia sebut sama sekali beda dengan yang tertera di akun banknya dan uangnya sudah diambil. nahh dari situ saya sempat ilfeel dengan yang namanya transaksi online. Tapi suatu saat iseng-iseng browsing lagi dan masuk ke bukalapak.com dan ternyata saya baru tahu kalau di Bukalapak ada sistem paymentnya. Dan entah dapat ilham darimana dipikiran saya mulai terbersit ide berjualan jersey sepeda. Langsung saya cari supplier jersey sepeda yang sudah berpengalaman.
Setelah saya menghubungi bebebrapa olshop jersey pilihan saya jatuh ke salah satu olshop yang berlokasi di Surabaya. Karena disitu bisa sistem dropship sehingga saya tidak usah mempunyai modal sudah bisa berjualan. Dan orangnya pun responnya cepat. Waktu awal berjualan sempat hampir putus asa karena sudah satu bulan upload dagangan tapi tidak ada yang mengirimkan pesan dan bertransaksi.
Tapi putus asa itu hilang stelah saya dikirimi pesan oleh seseorang dan dia memesan 12 potong langsung jersey sepeda dan senengnya bukan kepalang. Nah setelah itu saya mulai serius menjalankan lapak sayatu saja mungkin pengalaman awal berjualan saya yang bisa saya share. terima kasih
:)
Mengapa memutuskan untuk berjualan online?
Karena saya tidak punya modal untuk membangun sebuah toko offline, selain itu dengan membuka toko online saya bisa menjangkau konsumen seluruh Indonesia

Produk apa saja yang dijual?
Produk yang saya jual berupa perlengkapan dan pakaian bersepeda seperti jersey, pants dan helm buatan lokal maupun import

Mengapa memilih produk tersebut untuk dijual?
Selain hobi saya bersepeda, menurut saya berjualan jersey sepeda sedikit pesaingnya. Jadi kesempatan untuk meraup untung bisa lebih besar
allan-cahya-bukalapak
Apa ada toko fisiknya? 
Belum ada toko fisiknya

Total jumlah produk ada berapa?
490 produk

Produk apa yang paling laris?
Yang paling laris setelan jersey pro team roadbike

Rata-rata, berapa jumlah transaksi dalam sehari?
5 transaksi

Ambil produk dari siapa? Importir atau distributor?
Ambil produk dari online store yang biasa importer.

Selain di Bukalapak.com, jualan online di mana saja?
Dulu sempat berjualan di iklan baris. Tapi sekarang sudah tidak

Kapan bergabung dengan Bukalapak.com?
Bergabung dengan Bukalapak.com tahun 2013

Apa ada website sendiri?
Belum ada

Media sosial yang digunakan apa saja? Sejauh mana efektivitasnya?
Saya menggunakan instagram tetapi tidak optimal. Saya lebih fokus ke Bukalapak saja

Bagaimana cara menghadapi kompetitor produk serupa?
Untuk menghadapi kompetitor saya fokus kepada peningkatan mutu pelayanan dan kecepatan respon.

Punya asisten atau karyawan yang membantu?
Saya dibantu istri

Untuk pengiriman barang, apakah dijemput atau diantar ke tempat jasa pengiriman barang? (Pick up JNE)
Saya menggunakan sistem dropship jadi yang mengirim barang adalah ihak supplier

Apa punya reseller? Berapa banyak dan di mana saja?
Punya, 3 orang 2 dari Jakarta 1 dari Makassar

Bagaimana pendapat Anda soal BL Payment System?
Sangat membantu menjaga kepercayaan dan kenyamanan penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Jadi pembeli tidak ragu-ragu dan penjual tidak was-was

Punya pengalaman tidak enak  selama menggunakan BL Payment System?
Ketidaknyamanan terjadi sekitar 2 minggu yang lalu yaitu keterlambatan pencairan dana

Bagaimana pendapat Anda tentang Komunitas Bukalapak?
Sangat membantu karena kita bisa dapat ilmu dan kenalan wirausaha lain dari berbagai pelosok negeri

Apa target pribadi Anda dalam bisnis online ini?
Saya ingin mempunyai stok sendiri sehingga harga yang saya tawrkan bisa bersaing dengan yang lain. Sekarang lagi ngumpulin modal hehe

Menurut Anda, karakter apa yang perlu dimiliki oleh seseorang agar ia bisa sukses jualan online?
Menurut saya sabar dan pintar meyakinkan pelanggan adalah karakter yang perlu dimiliki pedagang online

Ada tips soal jualan online yang bisa di-share?
Untuk berjualan online ada 3 tips yang bisa saya share yaitu
– Jujur dalam menginformasikan setiap dagangan yang kita tawarkan
– Sabar dalam menghadapi pelanggan yang marah-marah karena barang tidak sesuai keinginan pelanggan
– Selalu berfikir win-win solution untuk berbagi rejeki dengan reseller kita.

Dimasukkan dalam kategori Kisah Penjual SuksesDimasukkan dalam tag . Dan juga saya dari penulis ada saran buat para pembaca yang ingin terjun di Dunia Internet Marketing, Anda bisa melihatnya di link ini http://yuk.bi/t1c5b3 .

Salam Penulis, terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

“Sukses itu Berpola, Gagal Juga Berpola..”

Selama 5 tahun belakangan ini Kami terus mengumpulkan pola keberhasilan banyak bisnis online dan berusaha menjawab beberapa pertanyaan seperti: - Kenapa follower Twitter yang banyak tidak menjamin sales menjadi besar? - Bagaimana pengusaha hijab yang tidak memiliki website bisa mengelola pesanan dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri hingga omzetnya mencapai ratusan juta perbulan? - Disisi lain, bagaimana seorang pengusaha online yang cuma bermodalkan website satu halaman bisa dapet omzet yang hampir sama dengan yang diatas? - Bagaimana memulai bisnis online sehingga omzetnya bisa langsung melesat dengan cepat? - Darimana Bisnis online harus memulai agar cepat berhasil? - Apakah endorse selebritis di social media berpengaruh terhadap penjualan? - Apa saja model bisnis online yang bisa menjadi penghasilan tetap? - Saluran pemasaran mana yang konversinya paling besar? - Bagaimana dengan hanya sebuah tweet seseorang bisa menjual sebuah produk dengan nilai ra

Artikel ini untuk siapa???

Untuk Siapa Anda Membaca Artikel Ini?   Kisah nyata. 11 tahun yang lalu seekor bebek menarik-narik celana seorang polisi. Karena merasa risih, polisi itu mengusirnya. Lalu bebek itu berusaha mendapatkan perhatian sang polisi, Ray Peterson. Kemudian dia pergi ke atas tutup selokan di jalan. Dia duduk di sana. Ray mengacuhkannya. Bebek itu kemudian menarik lagi celana polisi ini. Lagi-lagi setelah mendapatkan perhatian Ray, dia pergi ke atas tutup selokan. Merasa ada sesuatu yang aneh, Ray akhirnya mendekati lubang tutup selokan ini. Setelah dilihat, ternyata ada 8 ekor anak bebek yang terjatuh ke dalam selokan itu. Ray langsung meminta pertolongan. Pertolongan datang dan selagi proses pertolongan berlangsung, si ibu bebek diam menunggu. Akhirnya dengan menggunakan truk derek, lubang penutup parit itu bisa dibuka. Sang ibu bebek bersama 8 anaknya berjalan beriringan menuju ke sungai dan berenang di sana.  Ternyata, hewanpun di saat anaknya terancam, dia bisa melakuk